Pages

Saturday, March 1, 2014

BBI Anniversary 2014 Project

Haloooo teman-teman...

Sudah bulan Maret nih, dan sekitar satu bulan lagi, tepatnya tanggal 13 April 2014, BBI akan berulang tahun. Jadi, sekarang kami dari Divisi Event ingin mengajak teman-teman untuk menikmati keseruan HUT BBI.


Untuk tahun ini, ada 2 acara yang akan digelar:

1. BBI ANNIVERSARY GIVEAWAY HOP 2014

Udah pada tau dong apa itu Giveaway Hop? Belum? Naah.. ini penjelasannya:
Giveaway Hop adalah giveaway atau undian berhadiah yang diselenggarakan beberapa blogger secara serentak di blognya masing-masing untuk jangka waktu yang ditentukan. Sebelum posting giveaway, tentu blog peserta harus daftar dulu dengan mengisi form yang tersedia di bawah dan wajib mengikuti jadwal yang ditentukan Divisi Event BBI.
Aturan Host Giveaway Hop:
  • Anggota BBI yang telah terdaftar sebelum Desember 2013 (memasang logo BBI di blog dan punya nomor registrasi)
  • Mendaftarkan diri dengan mengisi GOOGLE FORM yang disediakan.
  • Bersedia mengikuti jadwal yang ditentukan dan menyetor link posting pembuka giveaway dan link posting pengumuman pemenang (linky akan disediakan di post terpisah di blog ini). Jika memang ada halangan baik penundaan maupun pembatalan keikutsertaan, harap info ke Divisi Event ya...
  • Memasang judul posting "Giveaway Hop BBI 2014" dan "Giveaway Hop BBI 2014-Winner(s)" untuk postingan pembuka giveaway dan pengumuman pemenang di blogmu, dan yang pasti... banner BBI Giveaway Hop dong!
  • Bebas menentukan jumlah pemenang dan hadiah. Hadiah bisa buku baru, buku bekas, buku import, maupun buku lokal namun harus buku (bukan merchandise, voucher, dsb.).  Harga tidak dibatasi. Pembelian hadiah dan pengirimannya ditanggung oleh Host. Jelaskan ke peserta mengenai kondisi dan jenis buku ya.. supaya tidak terjadi kesalahpahaman.
  • Apabila Host memiliki voucher pembelian buku dan ingin menggunakan voucher tersebut, maka Host wajib menggunakannya dalam pembelian buku untuk pemenang giveaway, bukan memberikan voucher kepada pemenang atau meminta pemenang transfer uang harga buku setelah dipotong nominal voucher. Intinya, pemenang hanya terima hadiah dalam bentuk buku.
  • Bebas menggunakan tools apapun untuk menghitung entries dan mengundi pemenang (bisa pakai Rafflecopter, google form, manual, dll.)
  • Persyaratan untuk peserta giveaway bebas, namun jangan yang berbelit-belit dan menyusahkan (contoh menyusahkan: buat pantun atau puisi, vote saya di website x, y, z, dsb).
  • Host boleh menjadi peserta di Giveaway Hop yang diselenggarakan blog lainnya.
  • Host diharapkan bertanggung jawab dalam menyiapkan dan mengirim hadiah. Jika host tidak mengirim hadiah ke pemenang, maka dikenakan sanksi banned dari event BBI selanjutnya yang terdekat yang diadakan oleh Divisi Event (jika ikut posting bareng April, tidak berhak di-vote dalam posting bareng BBI bulan April)
  • Divisi Event tidak bertanggung jawab atas kelalaian Host dalam mengikuti aturan main Giveaway Hop ini, termasuk di antaranya apabila Host tidak mengirimkan hadiah ke pemenang.
Jadwal Giveaway Hop:
  • tanggal 1-13 Maret 2014 pendaftaran host
  • tanggal 14 Maret - 11 April 2014, pukul 09.00 WIB giveaway dibuka di masing-masing blog
  • tanggal 13 April 2014, pukul 09.00 WIB pengumuman pemenang serentak di blog host
Banner Giveaway Hop:

GOOGLE DOCS PENDAFTARAN GIVEAWAY HOP




2. BBI ANNIVERSARY GUEST POST 2014 
 
Apakah itu?

Guest post adalah ajang bertamu satu blogger ke blog milik blogger lainnya, dalam hal ini sesama member BBI. Peserta akan mendapat 2 peran: sebagai Host Blogger (yang blognya mendapat posting tamu dari blogger lain) dan Guest Blogger (yang menyiapkan posting tamu untuk blog milik blogger lain). Pada jadwal yang telah ditentukan, postingan dari Guest Blogger akan dipos secara serentak oleh Host Blogger di blog sang Host tersebut. Inti dari acara ini adalah agar sesama member BBI dapat lebih mengenal dan mengakrabkan diri.
Aturan peserta Guest Post:
  • Anggota BBI yang telah terdaftar sebelum Desember 2013 (memasang logo BBI di blog dan punya nomor registrasi)
  • Mendaftar  di GOOGLE FORM yang disediakan.
  • Setelah pendaftaran ditutup, Divisi Event akan mengundi siapa menjadi Guest di blog mana. Sifat Guest-Host ini tidak timbal balik tapi terus berputar. Contohnya begini: pendaftar ada 3 orang yaitu A, B, C. setelah diundi, A akan jadi Guest di blog B, B akan jadi Guest di blog C, dan C jadi Guest di blog A.
  • Hasil pengundian akan diumumkan secara publik di post terpisah di blog ini dan juga Divisi Event akan menginformasikan ke masing-masing peserta kontak Host dan Guest masing-masing.
  • Setelah hasil pengundian diumumkan, para Host dapat berkomunikasi dengan Guest-nya, merencanakan posting macam apa yang akan dipos Guest di blog Host. Sebenarnya posting bisa bebas: review buku, tips-tips, opini, daftar favorit dan sebagainya selama berhubungan dengan buku, tidak berjualan atau tidak mengadakan giveaway. Namun mungkin ada Host yang menginginkan posting berhubungan dengan tema bacaan blog-nya yang memang sudah spesifik atau hal lainnya. Intinya: mari menjalin komunikasi.
  • Selain itu, Host juga wajib mewawancarai Guest-nya (dan Guest wajib menjawab) dengan maksimal 5 pertanyaan seputar Guest.
  • Postingan final minimal akan memiliki komposisi seperti ini: Bagian 1 (di atas) merupakan postingan dari Guest Blogger sedangkan Bagian 2 (di bawah) merupakan wawancara Host Blogger terhadap Guest Blogger. Jika mau, bisa juga disertakan foto dari Guest Blogger dan data diri. (Contoh guest post di mana Guest memberi materi ke Host - minus interview)
  • Cara menyiapkan posting bebas, apakah Host akan memberikan Guest akses sementara ke blognya untuk mempersiapkan posting atau Guest akan mengirim draft postingan lewat email ke Host dan Host yang akan mempercantik postingan Guest Blogger, dsb. Lagi-lagi, ayo komunikasi!
  • Pasang banner BBI Anniversary 2014 - Guest Post di posting kamu ya..
  • Setelah posting Guest Post, jangan lupa setor link postingnya di linky yang akan disediakan Divisi Event di blog ini.
  • Sebelum mendaftar, pastikan kalian akan mudah dihubungi dalam jangka waktu acara ini. Jangan sampai Guest susah menghubungi Host-nya dan sebaliknya. Tidak ada sanksi larangan partisipasi dalam event berikutnya untuk Guest Posting, namun pihak yang tidak kooperatif dan terlambat dari jadwal tanpa alasan yang jelas akan diumumkan oleh Divisi Event di akhir acara.
  • Host Giveaway Hop dapat mendaftar Guest Post juga. 
 Jadwal Guest Post:
  1. Tanggal 1-13 Maret 2014 pendaftaran peserta
  2. Tanggal 14-17 Maret 2014 pengundian Guest-Host Blogger
  3. Tanggal 18 Maret - 12 April 2014 Guest Blogger dan Host Blogger menyiapkan posting dan pertanyaan wawancara singkat.
  4. Tanggal 14 April 2014, pukul 09.00 WIB posting Guest Post di blog Host Blogger.
Banner Guest Post:


GOOGLE DOCS PENDAFTARAN GUEST POSTING



Untuk pertanyaan seputar event, bisa dilakukan di komentar pos ini.
Selamat bersenang-senang ya kawan!! Enjoy the world of book blogging!!!

2 comments:

  1. sudah telat ya kalau mau daftar jadi host GA HOP BBI?

    ReplyDelete
  2. yaaah.. baru tau sekarang.. hiks.. ya udah deh, ikut tahun depan aja.. T_T

    ReplyDelete